10 Makanan Khas Bugis Saat Lebaran, Hiks, Jadi Kangen Rumah

makanan khas bugis saat lebaran


Halo Rekan ICO ...

Alhamdulillah, kemarin kita baru saja merayakan kemenangan hari Raya Idul Fitri. Beberapa orang bisa berkumpul keluarga besar, beberapa lagi hanya bisa berdiam diri di rantauan. 

Admin ICO yang enggak bisa pulang ke kampung. Baik itu pulang ke rumah orang tua sendiri, atau pulang ke rumah mertua. 

Momen lain enggak kalah penting adalah momen makan-makan. Meski lebaran intinya menjadi pribadi yang baru, tetap saja, makan makanan khas lebaran juga selalu ditunggu-tunggu. Secara masaknya juga setahun sekali bukan?

Beberapa makanan khas Bugis di bawah ini jadi enggak bisa Admin ICO cicipin. Meski kalau pulang tahun ini rencana ke rumah orang tua yang asal daerah mertua Padang, tetap saja, kangen semua masakan khas lebaran. Kali ini mau bahas Khas Bugis dulu, soalnya belum lama nyicipin masakan  Padang, tahunya cuma rendang ehe.

Inilah 10 Makanan Khas Bugis Saat Lebaran :

Burasa

burasa bugis
gambar : id.wikipedia.org

Makanan buras atau burasa adalah sejenis makanan pokok pengganti nasi putih biasa. Burasa juga berasal dari beras, yang dicampur dengan beberapa bahan lainnya, dibuat seperi bantal panjang dengan daun pisang, kemudian diikat bertumpuk. Buras ini sangat enak jika dimakan dengan opor, maupun makanan olahan ikan lain. Rasanya khas dan gurih, karena ada santan dan aroma daun pisangnya. Membuatnya pun butuh ketelatenan, saya pribadi belum pernah buat sendiri sih, hehe.

Gogoso

gogoso
gambar : tokopedia.com

Makanan yang terbuat dari beras ketan ini juga tak kalah lezat. Biasanya dikukus atau dibakar. Terdiri dari ketan putih atau ketan hitam. Gogoso dibungkus daun pisang juga, tiap patahan ada lapisan jadi tidak perlu pakai pisau lagi untuk memotong gogoso yang panjang. Paling enak makan ini dengan jabu-jabu  atau abon khas bugis, hmmm, jadi kebayang lezatnya.

Dau’ bunga / Burasa Daun Pandan

buras daun pandan
gambar : cookpad.com

Sama seperti burasa, dau’ bunga dibuat dari beras dan campuran santan. Dibungkus kotak dalam daun pandan, kemudian dilapisi daun pisang tiap sekitar 2 cm agar gampang memakan per lapisan. Paling enak dimakan dengan opor atau kari ayam.

Coto + Ketupat

coto makassar
gambar : idntimes.com

Biasanya orang bugis bikin ketupat itu kalau bikin coto. Sangat jarang ketupat disandingkan dengan sop atau lainnya. Makanya coto dan ketupat jadi sepaket aja hehe. Ketupat paling sering dibuat oleh mama. Soalnya mama lebih jago di coto dan ketupat. Ketupat sendiri hanya terdiri dari beras tanpa campuran santan dan lainnya. Coto adalah makanan khas bugis yang memiliki kuah coklat nan lezat.

Jabu’-jabu’ (Abon Khas Bugis)

jabu-jabu
gambar : dokpri kiriman keluarga :'(

Ini nih olahan paling gurih yang terbuat dari kelapa. Entah apalagi resepnya, olahan ini enak sekali dimakan bersama gogoso, dau’ bunga, maupun nasi biasa.

Ikan Bandeng Berbagai Olahan

ikan bakar bandeng pedas bugis
gambar : cookpad.com

Biasanya, karena bandeng adalah ikan yang paling mudah ditemukan sehari-hari, ikan ini sudah menjadi ikan yang selalu diolah bahkan saat lebaran. Biasanya diolah dengan masak kuning, bakar, masak putih, dan lain-lain. Semua olahan bandeng ini sangat enak apalagi dimakan dengan burasa, dau’ bunga dan jabu’-jabu’

Juku Kambu

juku kambu bugis
gambar : lintasterkini.com

Juku Kambu juga berasal dari ikan bandeng namun diubah sedemikian rupa hingga seperti perkedel. Ikan bandeng dihancurkan, dipisahkan dari tulangnya yang banyak, lalu dicampur kelapa, dan kulit ikan bandeng digunakan sebagai cetakan. Dengan beberapa tambahan bumbu lainnya, lalu digorenglah hingga berwarna coklat. Olahan ini awet dan sangat gurih!

Konro

konro
gambar : resepkoki.id

Makanan ini cukup khas namun jarang disediakan, tergantung punya persediaan daging atau tidak. Tentu saja makanan ini paling banyak ditunggu-tunggu karena rasanya yang enak sekali.

Ayam goreng kecap

ayam kecap
gambar : resepdanmasakan.com

Untuk olahan ayam, biasanya diolah jadi ayam goreng kecap. Ayam ini sangat enak jika dimakan dengan gogoso, burasa dan dau’ bunga. Ahhh, jadi kangen

Opor ayam

opor ayam bugis
gambar : youtube.com

Meski hampir semua daerah memasak makanan ini, tetap saja ada rasa khas dari opor ayam khas bugis. Tapi saya belum terlalu paham resep masakan opor ini, memang belum pernah nyoba sih eheh. Pas lebaran kemarin Cuma masak semur aja. Ayam merupakan hidangan yang cukup terjangkau juga dibandingkan daging. O ya baca juga Makanan Lebaran Khas Sukabumi punya teman saya yuk.

Nah, itu dia 10 makanan khas Bugis saat lebaran Rekan ICO. Makanan bugis daerah lain kurang lebih sama tapi bisa jadi ada yang berbeda juga. Karena bugis terbagi bermacam-maca daerah, ada makanan khas bugis Wajo, makanan khas bugis Pinrang, makanan khas bugis Sidrap, juga makanan khas Bugis Bone. Resep masakan khas Sulawesi Selatan ini bisa dengan mudah ditemukan di paman google. Kalau kalian udah pernah makan apa aja nih? Atau yang jomlo pengen coba nikah ama orang Bugis? Wkkw. Kalau cowok siap-siap dengan panai’ ya, hahaha (ketawa jahat).





17 komentar untuk "10 Makanan Khas Bugis Saat Lebaran, Hiks, Jadi Kangen Rumah"

  1. Wah aku penasaran rasa gogoso kaya apa kak...br pernah makan ayam kecap, opor sm coto aja😆

    BalasHapus
  2. dari dulu pengen cobain jabu'-jabu' belum kesampean, semoga suatu saat ada kesempatan untuk icip dan langsung dari Bugis ya :D

    BalasHapus
  3. Ngiler sama bandengnya aduh.. yg lain mirip-mirip sama makanan khas daerah lain, hihi..

    BalasHapus
  4. favoritku coto makassar + ketupat. Duh baca tulisan ini jadi pengen makan coto makassar deh

    BalasHapus
  5. Setelah membaca ini aku jadi tahu makanan khas daerah Bugis mbak.. hehehehe

    BalasHapus
  6. aku suka bursa gurih banget dimakan sama coto. satu lagi makanan yg kusuka yaitu barongko. enak bangt!

    BalasHapus
  7. kalau saya suka makan nasu kari atau 0p0r ayam ditemani burasa, tambahin banyak-banyak bawang g0reng rasanya manyuzzz

    BalasHapus
  8. Burasa, saya paling ndak mau absen makan ini kalau Lebaran, heeheheh. Makanya sejak nikah dan kalau Lebaran pas di tempat mertua berasa kayak ada yang beda tanpa burasa, hihihih.
    Jabu-jabu kalau saya lebih kenalnya dengan bajabu, suka ini juga apalagi dicampur burasa, dehh be'be mi sedeng elo' ini, wkwkkk.

    Btw, kita ndak masukkan nasu likku? Banyak yang buat itu juga toh? :D

    BalasHapus
  9. Saya pernah ditraktir teman makan burasa campur coto makassar. Enak ternyata. Biasanya pake nasi atau lontong aja. Eh baru tau ada burasa

    BalasHapus
  10. Kalo opor ayam namanya di mana-mana masih sama ya Kak.
    banyak yang belum kucobain, jadi ngiler pagi-pagi liat ginian

    BalasHapus
  11. Gleekk gapernah nyoba semuaa hiksss. Eh kecuali ayam kecap ding. Coto di sini ada tapii ya gitu deh aku takutmau nyoba. Takut ga enak. Enak yah tapi nih kayaknya

    BalasHapus
  12. Duh saya jadi ngiler nih Min lihat menu2 khas Bugis di atas. Kalau saya lewati lebaran pastinya selalu ada burasa cuma karena nggak tahu bikin jadi saya pesan saja, haha. Untuk menu tamban lainnya lebaran kemarin saya bikin coto Makassar :D Hmm jadi kangen lebaran lagi nih, hehe

    BalasHapus
  13. Wuih kau menggoda perutku. Saya lom pernah makan itu

    BalasHapus
  14. coto nih khas banget ya kalau di daerah bugis, belum pernah kesana semoga one day bisa ke sana...

    BalasHapus
  15. Kalau di sini burasa tuh sering dibuat ibu juga, namanya lepeut kalau di sini. Aku tuh penasaran banget sama coto, konro lho mba, duh ngiler. Ditambah baca di sini jadi nambah penasaran sama Juku Kambu, bandengnya jadi mirip perkedel ya.

    BalasHapus
  16. Tiap daerah punya tradisi dan kebiasaan masing-masing yaa pas lebaran.
    Beda banget sama daerahku, hehehe
    Eh itu Konro sama dengan sumsum tulang nggak sih? Dari gambarnya mirip :D

    BalasHapus
  17. Ahhhh kenapa baca tulisan ini pas lapar... Kan jadi tambah lapar aku bacanya ada Coto, buras, gogoso dll. Semoga nanti berkesempatan icipin semua makanan ini deh hehe

    BalasHapus

Posting Komentar