9 Tips Beli Mobil Bekas Murah Anti Ditipu

tips beli mobil bekas murah

9 Tips Beli Mobil Bekas Murah Anti Ditipu - www.indonesia-co.com | Saat ini, penjualan barang-barang bekas semakin diminati. Bagaimana tidak, barang bekas yang masih terlihat bagus bisa dijual hingga setengah harga dari barang baru bahkan lebih. Apalagi, barang bekas yang dijual jika memiliki merk yang bagus, maka kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. 

Barang-barang bekas yang masih laku saat ini di antaranya jual beli mobil bekas murah, motor bekas, lemari bekas, hingga pakaian bekas. Beberapa alasan orang membeli barang bekas di antaranya karena lebih hemat budget, ingin mencoba dulu baru beli yang baru (seperti membeli mobil bekas untuk latihan menyetir), juga bisa karena suka.

Adapun membeli kendaraan bekas, juga semakin banyak peminatnya dari hari-kehari. Apalagi dalam membeli mobil dan motor bekas, terkadang masih bisa dijual lagi. Dalam membeli mobil bekas maupun motor bekas, harus hati-hati. Jangan sampai kena penipuan. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan 9 hal ini sebelum membeli mobil bekas. Apa saja?

Bawa Orang Lain yang Paham

Kadang, seorang penjual akan memberikan harga yang berbeda, jika jenis pembelinya juga beda. Misal seorang bapak-bapak yang ke pasar, akan diberi harga mahal oleh penjual sayur, berbeda dengan jika ibu-ibu yang ke pasar. Alasannya karena penjual tahu bahwa yang membeli itu kurang paham dengan harga barang yang dibeli. Begitupun jika ingin membeli mobil, jika masih minim pengetahunan soal mobil, jangan malu untuk meminta bantuan teman yang ahli dalam hal ini.

Riwayat Catatan Servis Mobil

Setiap mobil, seharusnya memiliki catatat riwayat servis mobil. Kecuali surat-surat servis tersebut hilang karena bencana alam dan sebagainya. Namun, kita harus tetap waspada jika ingin membeli mobil bekas yang sesuai. Jika bisa melihat secara langsung, mintalah catatan riwayat servis mobilnya.

Lihat Kondisi Mesin

Kondisi mesin, penting untuk diketahui sebelum membeli mobil. Jangan pilih hanya karena mobil bekasnya murah, maka langsung dibawa pulang. Itu lagi pentingnya membawa teman yang ahli, atau bisa seorang mekanik langsung yang tahu seluk beluk mesin mobil dengan baik.

Waspada Mobil Harga Miring

Sering mendapat harga yang miring? Hati-hati, bisa jadi itu adalah salah satu modus penipuan. Karena saat ini banyak modus penipuan dnegan menjual barang dengan harga miring. Pernah ada kasus, dengan alasan butuh uang, seseorang menjual mobil dengan harga miring. Baru diketahui akhirnya ternyata mobil tersebut  adalah mobil rental yang dibawa kabur.

Perhatikan Detil Body Mobil

Ciri-ciri mobil yang baik adalah tidak banyak bekas-bekas goresan yang terlihat. Tapi pasti ada saja goresan mobil dari hasil pemakaian yang bertahun-tahun. Namun jika yang punya mobil merawat mobil dnegan baik, harusnya goresan itu tidak terlalu banyak.

Perhatikan Jenis Tempat Penjualan Mobil Bekas

Ini nih yang paling penting. Saat ini banyak marketplace yang menjadi pihak ketiga atau penjembatan antara pembeli dan penjual. Sayangnya, pihak ketiga tidak bertanggungjawab jika terjadi penipuan. Hal tersebut yang harus diwaspadai sebagai calon pembeli. 

Pernah juga ada kejadian penjualan motor bekas di Instagram, setelah mengirim DP ternyata penjual tidak bisa dikontak lagi. Jadi jangan sampai membeli kendaraan bekas dari media sosial.

Kita bisa memilih tempat marketplace yang terpercaya salah satunya di marketplace mobil bekas seva.id. Seva.id sendiri adalah tempat penjualan dan pembelian seva mobil bekas dan mobil baru yang diawasi langsung oleh PT Astra Internasional. Tentu kita tahu bahwa Astra sudah terkenal sebagai perusahaan besar yang memiliki mobil-mobil yang bagus. Oleh karena itu, jika membeli di website seva.id, kita dapat membeli mobil bekas murah dan tentunya jadi lebih aman dan terpercaya.

Perhatikan Cara Pembayaran

Cara pembayaran online langsung ke rekening penjual sangat tidak dianjurkan jika sama sekali belum melakukan tatap muka. Itu pun jika melakukan tatap muka sebaiknya melakukan transfer setelah penerimaan kelengkapan mobil dengan baik. Bisa dilakukan langsung di depan penjual. Jika pun terpaksa menggunakan transfer, bisa dengan melalui situs marketplace yang menggunakan sistem rekening bersama (rekber).

Kelengkapan Dokumen Mobil

Kelengkapan dokumen mobil adalah hal yang tidak kalah penting. Pastikan dokumen-dokumen lengkap tidak ada yang kurang satupun. Mulai dari STNK, pajak kendaraan, BPKB dan lainnya. Jangan sampai mobil yang dijual adalah hasil curian atau penipuan.

Cek Aksesoris dan Interior Mobil Bekas

Terkadang mobil bekas memiliki aksesoris dan interior tambahan. Pastikan aksesoris tersebut sesuai dengan yang kita sukai dan jangan sampai menghilangkan ciri khas asli dari mobil tersebut. Terakhir pastikan aksesoris juga tidak merusak perangkat-perangkat yang ada di dalam mobi.

Nah, itu dia 9 Tips Beli Mobil Bekas Murah Anti Ditipu. Sekali lagi perhatikan budget yang sesuai, dan cari marketplace yang aman. Semoga berhasil dan puas setelah mendapatkan mobil bekas murah impian!

21 komentar untuk " 9 Tips Beli Mobil Bekas Murah Anti Ditipu"

  1. Tipsnya bermanfaat banget kakak. Emang wajib berhati-hati kalau mau beli mobil second. Harus benar-benar tahu mesin, tempat jual belinya terpercaya, dan bawa orang yang paham.

    BalasHapus
  2. Saya lebih senang membeli langsung ke dealer atau ke kerabat yang sudah kenal dekat. Jadi misal ada apa2 mudah untuk menghubungi. Tips pada artikel ini sangat bermanfaat sekali, khususnya bagi orang awam seperti saya.

    BalasHapus
  3. Memang kalau beli kendaraan bermotor itu kudu teliti ya. Kalau saya pasti ngajak Ayah yang lebih expert haha. Kendaraan meskipun bekas tapi kalau masih layak jalan sih oke-oke aja

    BalasHapus
  4. Harus hati-hati memang kalo mau beli mobil bekas. Apalagi yg baru pertama kali akan punya mobil. Jangan sampai baru dipakai sebentar sudah banyak yang rusak.

    BalasHapus
  5. Bener banget sih, saya setuju dengan mewaspadai harga miring. Saya bakal curiga jika harga barangnya dibawah pasaran. Saya termasuk orang yang beli dengan harga mahal sedikit gpp asal dapet barang bagus. Apalagi ini urusan mobil. Wajib juga bawa orang yang ngerti mesin.

    BalasHapus
  6. Terima kasih atas tipsnya. Memang membeli mobil bekas itu harus lebih teliti. Membawa orang yang paham memang sangat diperlukan untuk mengetahui kondisi mobil. Selain itu tempat penjualan mobil bekas juga harus diperhatikan. Terpercaya atau tidak, hal ini penting supaya kita terhindar dari penipuan.

    BalasHapus
  7. Tipsnya sangat bermanfaat sekali untuk orang awam seperti saya. Sekarang memang banyak barang-barang bekas dengan harga murah tapi keamanan tetap nomor satu, . Kan bisa panjang urusannya kalau sampai kena tipu

    BalasHapus
  8. Harus hati-hati beli mobil bekas, emang bener harus ngajak yang lebih paham. Terus penting juga cek history catatan servis mobil biar tau pernah kenapa aja mobilnya. Thx tipsnya kak.

    BalasHapus
  9. Beli mobil seken ada tipsnya juga ya kak. Aku sih taunya asal murah dan bagus aja huhu. Save dulu ni artikelnya, siapa tau ada rezeki lebih bisa beli mobil biarpun seken. Aamiin

    BalasHapus
  10. Bener banget mba kalau salah memilih dalam membeli mobil bekas, bisa-bisa biaya yg dikeluarkan jadi berlipat-lipat

    BalasHapus
  11. Wah iyaa. Kadang tuh luput yaa kita periksa cara pembayaran dia gimana. Thanks remindernya kak Tri, biar ngga lupa lupaa harus dibintangin nih.

    BalasHapus
  12. Bener nih mbak kadang orang luput sama hal-hal yang harus diperhatikan dalam mmebli mobil bekaso murah karena bbrp faktor. faktor terburu-buru atau faktor percaya sama temen. makasih ya infonya, insyaAllah sangat bermanfaat

    BalasHapus
  13. Untuk Aku sendiri, lebih suka datang langsung ke dealer. Bisa cek langsung ke sana.

    Test drive.

    Mgkin rasanya lebih puas langsung datang..

    BalasHapus
  14. tipsnya mantul, karena yang paling sering ketipu adalah di bagian AC, saat beli mobil dingin aja setelah beli eh ternyata ada kebocoran di radiator jadinya panas. Memang harus bawa orang yang paham,, makasih ya kak

    BalasHapus
  15. Betul sekali kak untuk membeli mobil bekas hrs didampingi org yg ngerti permesinan..klo engga bisa diberikan info yg tdk semestinya sama penjual..tipsnya bermanfaat bngt nih sbg pengingat buat yg mau beli mobil bekas

    BalasHapus
  16. Nomer 1 itu sarannya YES banget. Hahahaha. Kalo gak ngerti mobil, atau ilmu mobilnya cuma setengah-setengah, mendingan jangan sok tahu. Bawa teman yang lebih tahu, kalo perlu udah jago mengenal mobil.

    BalasHapus
  17. Seva id ini sebenarnya udah yang paling aman banget buat beli mobil bekas yang berkualitas. Apalagi kayak aku yang sama sekali buta mesin kak. Hehe. Astra ikut memudahkan banget.

    BalasHapus
  18. Memang kalau mau beli mobil bekas harus sama yang tahu banget ya mengenai mobil, biar tidak dibohongi dan langsung cek kondisi dan test drive juga sehingga tahu keadaan kendaraan bekasnya seperti apa

    BalasHapus
  19. Memang kalua meu beli mobil bekas harus sama yang tahu mengenai mobil takutnya dibohongi dan harus langsung cek ke tempatnya langsung dan test drive .

    BalasHapus
  20. Kondisi mesin memang oenting banget dilihat
    Plus riwayat servisnya

    Plus ada nggak uang buat membelinya

    BalasHapus
  21. Terima kasih banyak ya tipsnyam saking takutnya ditipu, jadinya mikir mending beli mobil baru saja. Padahal uangnya kalau beli baru kapan cukupnya ya..heheheh

    BalasHapus

Posting Komentar

Berlangganan via Email