3 Cara Rapid Test untuk Pertama Kali


gambar rapid test

Saat pandemi ini, kemana-mana penting untuk mengecek kesehatan tubuh terlebih dahulu. Apalagi jika ingin ke luar kota atau ke luar pulau, ada aturan naik pesawat saat new normal seperti ini. Jangan sampai repot saat baru akan menuju bandara.

Salah satu syarat mutlak jika ingin bepergian menggunakan pesawat adalah dengan melakukan pemeriksaan rapid test terlebih dahulu.

Apa itu pemeriksaan rapid test? Pemeriksaan rapid test adalah pemeriksaaan test covid yang menggunakan sampel darah untuk diuji. Darah yang diambil akan digunakan untuk mendeteksi imunoglobulin, yakni antibodi yang terbentuk saat tubuh mengalami infeksi. Dengan begini, pasien pada tahap awal infeksi dapat diidentifikasi lebih cepat.

Beberapa rumah sakit kini sudah menyediakan layanan rapid test. Biaya yang perlu dikeluarkan bervariasi tergantung rumah sakit dan jenis pelayanannya. Jika butuh waktu lebih cepat, biasanya akan membutuhkan biaya yang lebih juga.

Nah ketika rekan ICO ingin melakukan pemerkisaan rapid test, penting untuk mengetahui di mana rumah sakit atau layanan kesehatan yang menyediakan tempat tersebut. Ada 3 Cara yang dianjurkan untuk rekan ICO ketika ingin rapid test pertama kali:

1. Melalui Rumah Sakit Terdekat

Cukup mengunjungi rumah sakit di sekitar tempat tinggal rekan ICO. Rekan ICO juga bisa dapat informasi dari beberapa media sosial rumah sakit yang bersangkutan. Menggunakan google map dan bertanya langsung di bagian review juga mudah untuk mendapatkan informasi akurat.

3. Melalui Penyediaan Layanan Kesehatan Maskapai/Bandara

Saat ini, ada maskapai yang juga sudah menyediakan layanan kesehatan. Tapi untuk menghindari antrian yang panjang, sebaiknya melakukan rapid test jauh-jauh hari.

2. Melalui Layanan Aplikasi Halodoc

Jika tidak mau repot mendatangi rumah sakit yang belum tentu menyediakan rapid test, rekan ICO juga bisa mengunduh aplikasi halodoc atau langsung melihat di website halodoc. Di menu bagian rapid test, di sana kita bisa memilih ingin rapid test di rumah sakit di mana saja yang tersedia.

rapid test

Ada fitur janjian dengan dokter dengan jam tertentu agar tidak perlu antri lama lagi sesampainya di sana. Bagusnya, juga disediakan harga yang transparan agar kita bisa menyiapkan budget sesuai kemampuan.

O ya, ada juga rumah sakit yang melayani drive thru lho. Tinggal buka di layanan drive thru pada aplikasi atau halodoc.

Cara Pemesanan Rapid Test Melalui Aplikasi Halodoc:

rapid test adalah

  1. Pertama-tama, unduh dan buka aplikasi Halodoc dan klik tombol "COVID-19 Test" kemudian klik ini: Lokasi Rapid Test Drive.
  2. Setelah itu, pilih  tempat dan waktu untuk melakukan rapid test yang dimau
  3. Kita akan diminta untuk mengunggah foto/scan informasi diri (KTP untuk orang dewasa, dan Kartu Keluarga untuk anak di bawah umur) dan melakukan pemesanan.
  4. Jika sudah mengunggahnya, kita akan melanjutkan ke tahap pembayaran. Biaya akan bergantung kepada biaya jasa tenaga medis dan penyediaan alat yang diberikan oleh pihak rumah sakit.
  5. Setelah berhasil, maka kita akan menerima kembali SMS konfirmasi tentang jadwal tes dan detail pesanan. SMS tersebut harus ditunjukkan kepada petugas medis saat melakukan pemeriksaan kelak.

Yang Harus Dilakukan saat Melakukan Rapid Test dengan Halodoc

Sebelum berangkat ke lokasi tes untuk melakukan rapid test, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:
  • Jika memungkinkan, mintalah keluarga untuk menemani pergi ke lokasi tes. Pastikan datang tepat waktu juga ya
  • Jangan lupa tetap menggunakan masker sejak berangkat hingga pulang ke rumah
  • Sesampai di lokasi tes, akan ada pemeriksaan KTP (Kartu Keluarga untuk yang di bawah umur) dan SMS konfirmasi di Pos 1 oleh petugas. Pastikan membawa smartphone dengan baterai cukup. Ingat hp yang dibawa adalah yang kita gunakan untuk melakukan booking. Tes hanya berlaku bagi 1 (satu) pasien sesuai dengan KTP yang telah didaftarkan.
  • Prosedur pengambilan sampel darah dan penamaan test kit akan dilakukan di Pos 2.
  • Setelah melakukan serangkaian tes, kita disarankan untuk segera meninggalkan area fasilitas tes.
  • Kita tak perlu menunggu hasil tes, karena hasilnya akan dikirimkan melalui SMS atau notifikasi Halodoc di smartphone kamu satu hari setelahnya.
Itu dia 3 cara rapid test dengan mudah dan cepat untuk yang baru akan melakukannya pertama kali. Tentu ikhtiar rapid test dilakukan juga agar kita bisa segera tahu apakah kita terinfeksi atau tidak (semoga saja tidak ya).

Jangan sampai kita bebas berjalan-jalan namun ternyata membawa virus keman-mana. Hal tesebut akan merugikan banyak orang tentunya. Semoga artikel ini bermanfaat!

Referensi :
https://www.halodoc.com/rumah-sakit/poliklinik/fasilitas-rapid-test-drive-thru
https://www.halodoc.com/cari-dokter/spesialis/covid-19-test?utm_campaign=corona&utm_medium=appointment&utm_source=article


Posting Komentar untuk "3 Cara Rapid Test untuk Pertama Kali"

Berlangganan via Email