PT Komunitas Cerdas Indonesia (KCI), Pengusung Social E-Commerce Masa Kini

PT KOMUNITAS CERDAS INDONESIA

Artikel ini bertujuan untuk mengenalkan PT KCI atau PT Komunitas Cerdas Indonesa. Namun sebelumnya akan dijelaskan terlebih dahulu terkait konsep PT KCI itu sendiri.

Semenjak telepon pintar atau smartphone meluas di pasaran, tingkat pengguna internet juga semakin naik. Bisa dikatakan perkembangan pengguna internet di 2020 justru meningkat drasits. 

Kenapa? Karena beberapa hal yang mengharuskan orang-orang  menggunakan internet di tengah pandemi. Terlihat seperti halnya yang biasanya sekolah tatap muka, mau tidak mau harus melalui online.

Tidak jarang orang tua yang memiliki anak yang masih usia sekolah dasar pun harus turun tangan langsung untuk urusan internet. Meski awalnya mungkin jarang menggunakan internet, tapi keadaanlah membuat beberapa orang tua terpaksa beradaptasi dengan cepat.

Di satu sisi mungkin telrihat sulit, namun ternyata sisi positif lainnya adalah, kemampuan berinternet tidak hanya terbatas pada proses belajar mengajar. 

Orang-orang saat ini juga semakin sering belanja melalui media sosial maupun e-commerce alias marketplace. Lantas, bagaimana kepopuleran e-commerce saat ini?

KCI

Kepopuleran E-commerce Masa Kini

Rekan ICO mungkin saat ini sudah termasuk orang-orang yang senang berbelanja online. Karena beberapa hal, belanja online terlihat lebih menguntungkan. Bisa mendapat diskon, gratis ongkir, hingga cashback

Selain senang berbelanja online, beberapa dari kita juga sudah tergantung dengan media sosial yang begitu candu. Rasanya sehari tanpa membuka media sosial terasa ada yang kurang. Hampir semua informasi terbaru kini didapatkan lebih mudah di media sosial, alih-alih di televisi.

Adapun PT Komunitas Cerdas Indonesia (KCI) melihat peluang penggunaan e-commerce dan media sosial ini sebagai peluang menarik dan bisa menjadikan anak-anak muda pengguna internet tidak sekadar menghabiskan waktu (konsumtif), tapi juga bisa menjadi peluang bisnis (produktif).

Mereka berencana mengluarkan sebuah aplikasi bernama yang akan menjadi Social E-commerce pertama dengan konsep yang milennial.

KCI

Mengenal Social E-commerce

Ada perbedaan antara social commerce dan e-commerce itu sendiri. Menurut sumber yang kami dapatkan, social commerce adalah bagian dari e-commerce. Social commerce adalah salah satu upaya menjual produk secara langsung melalui jaringan media sosial. 

Lantas bagaimana dengan social e-commerce? Nah, berikut akan dijelaskan lebih lengkap di bagian bawah. Kita telaah satu persatu dulu ya …

Pengertian Social Concept

Sosial sendiri bermakna tentang ikatan kemasyarakat yang timbul. Adapun social concept adalah sebuah konsep baru yang kini menggabungkan kekuatan sosial masyarakat dengan industri  penting yaitu industri digital big data.

Pengertian E-Commerce

Seperti yang semua orang tahu, e-commerce adalah tempat terjadinya proses jual-beli yang dilakukan secara online melalui website atau aplikasi.

Pengertian Big Data

Dai atas kita menyinggung soal big data, lalu apa artinya? Big data sendiri adalah kumpulan proses yang terdiri volume data dalam jumlah besar yang terstruktur maupun tidak terstruktur dan digunakan untuk membantu kegiatan bisnis. 

Big data katanya merupakan pengembangan dari sistem database pada umumnya. Sistem lebih modern dan lebih cepat. Yang membedakan memang di sini adalah proses kecepatan, volume, dan jenis data yang tersedia kini lebih banyak dan bervariatif daripada DBMS (Database Management System) yang biasanya.

Pengertian Social Advertising

Apakah rekan ICO tahu tentang social advertising? Nah, adapun social advertising yang biasa dilakukan adalah bertujuan untuk menggunakan kekuatan masyarakat dalam melakukan percepatan, di mana dampaknya ada dalam meningkatkan traffic digital advertising

Pengertian Social E-commerce

Nah, kita beralih ke hal penting yang akan digadang oleh PT Komunitas Cerdas Indonesia (KCI), yaitu konsep social e-commerce.

Lantas apa itu? Social e-commerce sendiri menggunakan kekuatan masyarakat yang nantinya akan  meningkatkan percepatan distribusi produk secara digital. Sudah terbayang?

Nah, untuk social e-commerce ternyata memiliki konsep yang berbeda dari e-commerce pada umumnya.

Itulah mengapa, konsep ini cukup menarik yang karena akan segera di-launching oleh PT Komunitas Cerdas Indonesia. 

PT KCI

Peluang Bisnis dari PT KCI

Apa sih PT KCI itu? PT KCI adalah singkatan dari PT Komunitas Cerdas Indonesia yang di mana adalah perusahaan yang menawarkan konsep baru social e-commerce sebagai pilihan investasi dan bisnis di masa mendatang.

Konsep baru ini akan terlaksana nantinya di dalam mobile apps. Mereka menarget generasi millennial yang menyukai social media sekaligus e-commerce dengan tujuan mengubah konsumtif jadi produktif.

Kesimpulan

Tingginya kenaikan pengguna internet dan media sosial masa kini menjadi peluang bisnis yang baik termasuk di ranah e-commerce

Dengan memanfaatkan peluang tersebut, PT komunitas Cerdas Indonesia berencana meluncurkan sebuah aplikasi yang akan menjadi pusat social e-commerce masa kini. 

Lalu apa yang akan menjadi keistimewaan aplikasinya? Kita tunggu saja nanti ya …


Sumber Tulisan:

https://sis.binus.ac.id/2017/09/26/social-commerce-sebagai-bagian-dari-e-commerce/
https://glints.com/id/lowongan/social-commerce-adalah/#.YE92qZ0zbtQ
https://www.sekawanmedia.co.id/pengertian-big-data/