Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut saat Berpuasa

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut saat Berpuasa
Gambar: pixabay.com


Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut saat Berpuasa - Salah satu masalah yang cukup sering dialami saat berpuasa adalah bau mulut. Mulut yang berbau tidak sedap ini bisa menandakan masalah pada gigi dan mulut yang mungkin terjadi saat berpuasa. Mekanismenya begini, selama puasa mulut akan mengering karena tidak dikunyah. Otomatis sekresi air liur berkurang.

Dan mulut yang kering akan menyebabkan kuman berkembang biak dengan baik. Makanya selama puasa mulut kita berbau tidak sedap. Selain itu, faktor makanan yang dikonsumsi saat sahur dan buka puasa juga bisa menjadi penyebab bau mulut saat berpuasa. 

Namun, masalah ini bisa dihindari dengan beberapa tips menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut saat berpuasa di bawah ini:

1. Tetap Gosok Gigi Seperti Biasa

Prioritaskan sikat gigi setelah makan sahur dan lakukan dengan baik untuk memastikan tidak ada sisa makanan yang tersisa di mulut Anda. Anda bisa melakukan ini sambil berpuasa selama Anda tidak menelannya. Dengan menjaga kebersihan mulut, hal ini juga akan berdampak sebagai cara mencegah timbulnya masalah plak pada gigi.

2. Saat Subuh, Usahakan Minum Air Putih Minimal 2-3 Gelas

Minum banyak air putih bisa mencegah bau mulut saat puasa yang disebabkan mulut kering. Selain itu, banyak minum air putih juga membantu menjaga kesegaran tubuh dan mencegah dehidrasi.
Bagaimana Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut saat Berpuasa?

3. Berkumur Terbukti Bisa Membersihkan Mulut

Saat berwudhu sebelum sholat, bilas mulut Anda dengan benar. Kegiatan ini berfungsi membersihkan kotoran dan bakteri di dalam mulut, terutama sela-sela gigi. Selain itu, Anda bisa menggunakan obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Alkohol tentu saja dilarang dan efeknya justru akan mengeringkan mulut.

4. Hindari Makanan yang Menyengat

Makanan dengan bau menyengat seperti bawang putih dan bawang bombay, petai, jengkol, dan durian sebaiknya dikurangi. Jika sudah selesai makan makanan ini maka sebaiknya gosok gigi. Untuk menghilangkan bau mulut secara alami, Anda bisa mengunyah beberapa butir nasi.

5. Hindari Minuman Beralkohol dan Jangan Merokok

Kedua aktivitas tersebut merupakan salah satu penyebab bau mulut. Oleh karena itu, menghindari rokok dan alkohol yang tidak bermanfaat merupakan cara mutlak yang dapat dilakukan untuk menghindari bau mulut. Jangan mengkonsumsi makanan lengket seperti coklat, es krim, biskuit dan kue lainnya.

Makanan lengket ini sulit untuk dibersihkan, selanjutnya makanan yang menempel di gigi dalam waktu lama bisa menyebabkan bau mulut. Menggunakan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan sela-sela sisa makanan sisa gigi yang menyebabkan bau mulut.

6. Selain itu, Konsumsi Teh Hijau saat Sahur dan Buka Puasa

Teh hijau terbukti mengandung zat aktif yang disebut katekin. Katekin dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut. Teh lavender juga dikenal untuk mengontrol dan membunuh bakteri penyebab bau mulut.

5 komentar untuk "Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut saat Berpuasa"

  1. ternyata air putih juga membantu ya, baru tahu nih, hihi..

    BalasHapus
  2. Wah boleh juga nih tipsnya untuk dipraktekkan

    BalasHapus
  3. Iya nih makanan menyengat, bikin kalau ngobrol sama temen jadi canggung sendiri

    BalasHapus
  4. hoo teh hijau yaa kak tri, wellnoted deh <3 beneran baru tahu kalau teh hijau juga bisa membantu mengurangi bau mulut

    BalasHapus
  5. wah ini tipsnya terlihat simple tapi kadang suka lupa ya, wkwkwkk.. thanks infonyaa mbak :)

    BalasHapus

Posting Komentar