Mengenal Atap Baja Ringan, Kelebihan dan Harganya

Ilustrasi: unsplash.com

Membangun rumah impian adalah idaman banyak orang. Aku pribadi saat ini sedang senang yang namanya dekor-mendekor. Dengan sumber pinterest atau media sosial, kita bisa dapat informasi soal dekor contoh rumah. Namun bagian dalam rumah itu bisa dipikirkan nanti, yang penting bagian luar sudah aman.

Bagian luar itu mulai dari bagaimana desain yang akan dibangun, bagaimana letak ruangan, bahan dinding, keramik, bagaimana komponen atap rumah, dan masih banyak lagi.

Ngomongin soal atap, aku make atap baja ringan yang sudah terkenal banyak kelebihannya. Nah sekalian kali ini sesuai judul artikel ini kita akan bahas atap baja ringan yang sedang tren.

Kelebihan Atap Baja Ringan

Model atap rumah saat ini semakin beragam. Namun yang terpenting adalah bagaimana komponen pembangun atap itu sendiri bukan? Kalau rekan ICO juga sedang pengen coba bangun rumah, aku saranin make atap baja ringan deh. Soalnya emang bagus dari segala sisi. Kelebihannya diantaranya:

Tampilan

Dari segi tampilan, atap baja ringan memiliki nilai estetika yang lebih tinggi dong dan lebih modern.

Harga

Tentunya itu merupakan poin yang penting. Apalagi memang saat ini pemakaian atap baja ringan sangat cocok untuk rancangan atap minimalis.

Waktu yang Dibutuhkan

Dari segi waktu pemasangan, atap baja ringan diklaim lebih mudah dipasang. Jadi karena mudah dipasang, waktu yang dibutuhkan juga cepet.

Tingkat Keawetan

Biasanya sih atap kayu paling mudah rusak karena kena rayap atau lapuk. Makanya perlu perawatan rutin semacam pake obat rayap agar atap tetap bisa bertahan lama. Capek kan.

Sedangkan atap baja ringan bisa bertahan hingga 50 tahun. Itu dikarenakan dia atap baja ringan enggak bisa lapuk dan karat.

Aspek Lingkungan

Limbah atap baja ringan bisa diolah kembali lho alias bisa didaur ulang. Sedangkan limbah kayu enggak bisa digunakan kembali kecuali dibakar.

Harga Atap Baja Ringan

Lantas berapakah harga atap baja ringan itu sendiri? Menurut salah satu sumber yang aku temukan, harga baja ringan dengan spesifikasi kanal C7 5 cm dan tebal 0,755 mm biayanya sekitar Rp 160.000 per meter persegi.

Sedangkan untuk harga atap kayu mencapai Rp 206.000 per meter persegi. Dengan perbandingan harga seperti itu namun kelebihan atap baja ringan yang lebih banyak, tentu itu bisa menjadi pertimbangan sebelum membangun rumah idaman. 

Apalagi jika ingin membangun model atap rumah minimalis, ada baiknya menggunakan atap baja ringan saja. Untuk informasi mengenai harga dengan ukuran tertentu, teman-teman bisa mencoba kalkulator di situsnya.

Rekomendasi Atap Baja Ringan

Saat ini atap baja ringan bisa dibilang sudah mudah ditemukan di mana saja. Salah satu rekomendasi, rekan ICO bisa mencari di BlueScope Zacs® yang sudah ada di berbagai kota di Indonesia. Di sana, diklaim bahwa material baja ringan yang mereka miliki sudah dibuat presisi dengan standar internasional dan dijamin kekuatannya.

Produk yang cukup terkenal adalah BlueScope Zacs® Truss. BlueScope Zacs® Truss bagusnya bisa dipakai untuk aplikasi atap dan dinding. Kelebihan lainnya adalah BlueScope Zacs® diproduksi menggunakan teknologi Australia yang sudah teruji selama 100 tahun dan produknya dilindungi oleh garansi resmi dari PT NS BlueScope Indonesia untuk ketahanan karat minimal sampai 10 tahun.

Produk lainnya adalah produk baja ringan bernama BlueScope Zacs® Cool yang klaimnya memiliki permukaan lebih dingin dibandingkan atap metal biasa hingga 6°C dengan Cool Technology.

BlueScope Zacs® Cool ini dapat diaplikasikan pada atap hingga dinding rumah, sehingga hunian juga enggak menyerap suhu panas dan lebih sejuk. Pilihan warna yang disediakan cukup beragam jadi enggak perlu khawatir monoton atau samaan ama tetangga. Warnanya ada Merah Carita, Merah Merapi, Biru Bromo, Coklat Jati, hingga Hijau Borneo.

BlueScope Zacs® Cool juga telah dipercaya dan terbukti selama lebih dari 100 tahun di Australia sebagai produk andalan untuk membangun rumah lho!

Selama menggunakan BlueScope Zacs® Cool, rekan ICO juga bisa mendapatkan garansi perlindungan karat selama 10 tahun dan garansi perlindungan warna 5 tahun (syarat dan ketentuan berlaku). Yang uniknya adalah, katanya jika menggunakan produk BlueScope Zacs® Cool juga bisa kemungkinan membuat rumah lebih hemat listrik hingga 8%.

Kesimpulan

Untuk membangun rumah impian tentu kita ingin memberikan yang terbaik. Kita sudah tahu bahwa atap baja ringan vs kayu ternyata sudah terbukti bahwa atap baja ringan memiliki kelebihan atau menang banyak.

Sehingga jika ingin membangun atap rumah, rekan ICO bisa menggunakan atap baja ringan saja. Kalau ingin cari harga atap baja ringan juga rekomendasi tukang untuk memasangnya, informasi disediakan di BlueScope Zacs®. Jadi enggak harus pusing memikirkan cara hitung, cara konstruksi, berapa yang dibutuhkan, dan lain sebagainya.

O ya untuk tokonya sendiri, seperti yang aku sebutkan sebelumnya, sudah bisa dibeli di berbagai kota di Indonesia. Jadi jangan khawatir kalau ingin mencari toko yang menjual atap baja ringan dari BlueScope Zacs®.

Sudah siap membangun rumah impian? Jangan lupa untuk memberikan hal yang terbaik untuk rumah ya Rekan ICO.

14 komentar untuk "Mengenal Atap Baja Ringan, Kelebihan dan Harganya"

  1. Bluescope bagus banget ya. Sekarang memang baja ringan ini sudah cukup banyak ya di pakai di kita. Karena memang bener lebih tahan panas.

    BalasHapus
  2. Di dekat rumah ada sih toko baja tapi entah brand ini tersedia gak ya.

    BalasHapus
  3. Atap baja ringan itu sama dengan galvalum bukan, mba ? Skrng atap tidak selalu dr kayu ya. Kalau dr kayu rawan dimakan rayap

    BalasHapus
  4. di rumah yang udah kutempati bareng keluargaku 3 tahun terakhir ini udah pake rangka atap baja ringan sih. Dan emang kebukti kalau di luar itu panas amit2, rasanya pas masuk ke dalam rumah nggak terlalu clekit2, beda lah daripada pake seng gitu

    BalasHapus
  5. Aku baru ngerti sekarang setelah baca artikel ini, 😁 . Belum pernah bersentuhan dengan baja soalnya. Thanks kak infonya

    BalasHapus
  6. Bluescope emang jadi pilihan nih. Sekarang memang baja ringan udh banyak dipakai di kota-kota bahkan ke daerah juga. Karena memang bener lebih tahan panas.

    BalasHapus
  7. Wah enak yah Bluescope solusi banget deh. Emang sekarang mah udah pada pake atap baja ringan semua sih. Lagian awet banget kan, apalagi kalau udah standar internasional. Pasti kuat deh.

    BalasHapus
  8. Bluescope memang the best nih, karena bisa jadi solusi untuk hunian kita.

    BalasHapus
  9. Apalagi di daerahku gampang kena rayap, atap baja ini solusi banget buat kenyamanan hunian kita

    BalasHapus
  10. Baru kenal juga kalo ada jenis atap baja ringan, cocok banget nih buat hunian modern, harganya juga pasti juga cocoklah sama fungsinya yang mantul abisss.

    BalasHapus
  11. Sudah banyak yang pake di daerah suaminu sekarang mbak sebelah rumah juga pake ini. Memang rekomended ya.

    BalasHapus
  12. Kebetulan mau bangun rumah juga kak tri, dan baru ngerti soal per-atap-an di sini hahaha. Ngga ngeh juga awalnya atap baja kayak gimana.. ternyata lebih aman dan kuat ya. Aku usulkan ke suami juga ahhh gimana kalo rumahnya ntar pake atap baja ringan

    BalasHapus
  13. Pas banget nih kalau mau bangun rumah jadi ada referensi, apalagi harganya gak mahal2 banget.

    BalasHapus
  14. Aku barusan banget ganti rangka atap pakai baja ringan, soalnya rangka atap kayuku udah lapuk dimakan rayap, sampai ambrol lo. Biar gak mengalami kejadian yang sama, diganti pakai baja ringan aja deh.

    BalasHapus

Posting Komentar